Monday 9 December 2013

Penggunaan Belt Conveyor

Keuntungan menggunakan Belt Conveyor sebagai alat angkut adalah: lebih ekonomis dalam biaya operasionalnya, aman dalam pengoperasiannya, mempunyai jangkauan kapasitas dan kondisi operasi yang sangat luas, dan ramah terhadap lingkungan.

Untuk Belt Conveyor  yang panjang atau sering disebut Overland Conveyor yang terpanjang di indonesia yang saya tahu ada di PT. KPC (Kaltim Prima Coal) dengan panjang kurang lebih 13,1 km.
Belt Conveyor sangat jarang berdiri sendiri, akan tetapi merupakan sistem terpadu yang lebih dikenal dengan Material Handling System yang dibuat berdasarkan pesanan dengan menyesuaikan kondisi lahan yang ada. Disinilah tantangan sebagai seorang Engineer maupun Designer/Drafter untuk mengoptimalkan lahan yang ada agar sesuai dengan kapasitas yang dipesan oleh pemesan (client).
Secara umum berikut ini diagram alir Material Handling System:
  


Material Masuk : ada bermacam-macam cara, biasanya bila material berasal dari tambang langsung biasanya menggunakan Dump Hopper (dilengkapi crushing plant), tetapi bila material berasal dari tempat lain yang dikirim menggunakan tongkang ataupun kapal biasanya menggunakan receiving hopper (unloading facility).

Sistem Penerimaan material : ada bermacam-macam cara, biasanya menggunakan belt feeder, chain feeder.

Sistem Penumpukan material (stacking system) : dapat berupa stacking conveyor atau stacker, sedangkan tempat penumpukan dapat berupa penumpukan terbuka (open stockpile) atau tempat penumpukan tertutup berupa silo atau dome.

Sistem pengambilan material (reclaiming system) : dapat berupa drawdown hopper, surface reclaim feeder, reclaim conveyor, dan lain-lain.

Sistem pengeluaran material : ada bermacam-macam cara, biasanya menggunakan barge loading facility (biasanya digunakan untuk tongkang (barge) atau juga shiploader facility (biasanya digunakan untuk kapal yang besar)

Berikut ini contoh gambar sederhana General Arrangement, mulai dari Dump Hopper (termasuk crushing equipment), Stacker Conveyor dengan Tripper Car dan Coal Stockpile dengan Reclaim tunnel conveyor.